• ekstra.jpg
  • gedung2-fikes.jpg
  • lab-keperawatan.jpg

Sejarah Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan awalnya sebagai Akademi Keperawatan, didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jember (Akper UNMUH Jember).

Pertama didirikan, Akademi Keperawatan UNMUH Jember memiliki 40 siswa dan merupakan pendidikan keperawatan di daerah Kabupaten Jember. Dengan demikian, ada minat calon mahasiswa yang ingin belajar di Akademi Keperawatan UNMUH Jember pada saat itu.

Dalam program Akademik, siswa menemuh 6 semester (3 tahun) dengan 96 kredit saja untuk lulus. Ada banyak lulusan dari Akademi Keperawatan UNMUH Jember kini bekerja di salah satu pendidikan keperawatan atau pelayanan keperawatan di berbagai rumah sakit di daerah sekitar Kabupaten Jember, Indonesia sejak saat itu, bahkan beberapa lulusan Akademi telah bekerja di luar negeri seperti di Dubai dan Taiwan.

Dari waktu ke waktu, setelah Akademi Keperawatan telah beroperasi selama 13 tahun Akademi terus maju dan kemudian bergabung akhirnya untuk berafiliasi dengan Universitas Muhammadiyah Jember di bawah 'Fakultas Ilmu Kesehatan' nama baru (bahasa Indonesia: Fakultas Ilmu Kesehatan / FIKES). Fakultas itu sendiri dipastikan pada tahun 2006 berdasarkan Keputusan pendirian dengan Fakultas no.62/D2.3/M/2006 pada tanggal 16 Juni 2006. Sejauh ini, ada dua program studi yang ditawarkan oleh dan tersedia di Fakultas, yaitu S1 (Sarjana) program dalam Keperawatan dan 3 tahun program Diploma juga di Keperawatan.