Akreditasi Program Studi di Fakultas Ilmu Kesehatan adalah B. Nilai Akreditasi Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan dapat dilihat di laman BAN PT dan LAMPTKES. 

Fakultas Ilmu Kesehatan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan keperawatan maupun institusi pelayanan kesehatan di tingkat regional hingga internasional. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi melalui aktifitas pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan kemuhammadiyahan. Adapun institusi yang terlibat kerjasama dengan FIKES diantaranya adalah :

1. RSUD Saiful Anwar Malang

2. RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

3. RSD dr. Soebandi Jember

4. RSUD dr. Koesnadi Bondowoso

5. RSUD Balung

6. RSUD Kalisat

7. RSUD dr Harjoto Lumajang

8. Dinas Kesehatan Jember

9. Dinas Kesehatan Bondowoso

10. UPT PSLU Jember

11. UPT PSLU Bondowoso

12. Khon Kaen University Thailand

13. Boromarajonani College of Nursing Nopparat Vajira Thailand

14. University Of Cordilleras Philippines

15. Cebu Normal University Cebu City, Philippines

16. Centro Escolar University Manila, Philippines

Bentuk kerjasama yang terjalin diantaranya adalah sebagai wahana praktek keperawatan untuk pembelajaran mahasiswa, wahana penelitian dan pengabdian masyarakat, join research dan pertukaran pelajar dan dosen.

Visi Fakultas Ilmu Kesehatan

"Menjadi fakultas yang unggul dalam pendidikan profesi bidang kesehatan yang berdaya saing ditingkat Asia Tenggara, dengan pengembangan IPTEKS bidang kesehatan berdasarkan pada nilai-nilai keIslaman tahun 2030”

 

Misi Fakultas Ilmu Kesehatan

1.     Menyelenggarakan pendidikan berkualitas, dan bermartabat yang menghasilkan lulusan berdaya saing di tingkat Asia Tenggara

2.     Menyelenggarakan penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkonsentrasi kepada pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi bidang kesehatan yang belandaskan pada nilai-nilai ke-Islaman.

3.     Mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif, dan berfikir kritis guna menghasilkan lulusan sebagai tenaga kesehatan profesional yang mengedepankan nilai-nilai keislaman.

4.     Menerapkan sistem manajemen kinerja berdasarkan standarisasi akreditasi

5.     Mengembangkan kerjasama kemitraan lintas program dan lintas sektoral dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan

6.     Menyelenggarakan Al Islam dan kemuhammadiyahan dalam pengembangan IPTEKS bidang kesehatan.

 

Tujuan Fakultas Ilmu Kesehatan 

Tujuan Fakultas Ilmu Kesehatan adalah untuk menciptakan suasana academic atmosphere yang kondusive, mutual support, berwawasan luas dan Islami, melalui:

1.  Menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan bermartabat yang mampu berdaya saing saing di tingkat Asia Tenggara  

2. Menghasilkan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkonsentrasi kepada pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi bidang kesehatan yang belandaskan pada nilai-nilai ke-Islaman  

3. Mewujudkan atmosfir akademik yang kondusif, dan berfikir kritis guna menghasilkan lulusan sebagai tenaga kesehatan profesional yang mengedepankan nilai-nilai keislaman.

4. Mengaplikasikan sistem manajemen kinerja berdasarkan standarisasi akreditasi  

5. Menghasilkan kerjasama kemitraan lintas program dan lintas sektoral dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan

6. Menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai al islam dan kemuhammadiyahan dalam pengembangan IPTEKS bidang kesehatan. 

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Jember yang kampusnya terletak di Kota Jember,  merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Jember didirikan pada tanggal 16 Juni 2006 dengan No SK 100/D/O/2006. Saat ini FIKES UM Jember menyelenggarakan 3 Program : S1 akademik, Ners, dan DIII Keperawatan.

Pada awalnya, AKPER UNMUH Jember mendapat alokasi 40 mahasiswa, kemudian tahun akademik 1997/1998 mendapatkan alokasi 60 mahasiswa, tahun akademik 1998/1999 mendapatkan alokasi 100 mahasiswa hingga sekarang. Tahun 1998 mendapat kepercayaan dari Departemen Kesehatan untuk menyelenggarakan Program Kelas Khusus di RSD dr. Soebandi, RSUD dr. Koesnadi Bondowoso dan Dinas Kesehatan Bondowoso. Mahasiswa AKPER UNMUH menempuh 6 semester (3 tahun) yang setara dengan 96 sks untuk lulus. Saat ini banyak lulusan AKPER UNMUH Jember yang banyak bekerja di institusi pendidikan dan pelayanan di Jawa Timur bahkan hingga ke luar negeri seperti Dubai dan Taiwan.

Setelah Akademi Keperawatan telah beroperasi selama 13 tahun, pada akhirnya AKPER UNMUH berafiliasi dengan Universitas Muhammadiyah Jember menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FiKES). Pendirian FiKES dipastikan pada tahun 2006 berdasarkan SK nomor 62/D2.3/M/2006 pada tanggal 16 Juni 2006. Sejauh ini ada dua program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan, yaitu Program Studi S1 Keperawatan dan Program Studi D3 Keperawatan.

FIKES Universitas Muhammadiyah telah berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan (Keperawatan), selain itu juga telah berkontribusi dalam memecahkan berbagai permasalahan pembangunan bangsa. Berbagai karya alumni dan civitas akademika FIKES UM Jember dalam penelitian, pengabdian serta pengembangan keilmuan dibidang keperawatan untuk mengatasi berbagai persoalan dan ikut berkontribusi dalam meningkatkan status kesehatan.

FIKES UM Jember dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global. Di masa yang akan datang, FIKES diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan fakultas keperawatan dari universitas terkemuka di Asia dalam hal mutu proses pembelajaran dan lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.   

Program pendidikan D3 Keperawatan merupakan bagian dari pendidikan tinggi. Program diploma keperawatan merupakan program pendidikan yang mencetak perawat vokasional. Di awal tahun 1990an institusi pendidikan diploma keperawatan sangatlah dibutuhkan mengingat jumlahnya yang terbatas. Oleh karena itu, Badan Pembina (Yayasan) Universitas Muhammadiyah Jember melalui surat bernomor 026/E.2/YUM/C/1993 tertanggal 1 Maret 1993 mengajukan pendirian Akademi Keperawatan Muhammadiyah Jember. Pengajuan tersebut dikabulkan berdasarkan SK Menteri Kesehtan RI nomor HK. 00.06.1.1.3417 A tertanggal 14 September 1993. Tanggal 4 Nopember 1993 telah dimulai kegiatan akademik dengan melaksanakan kuliah perdana.

 

 

 

Hubungi Kami

Address :

Jl. Karimata No. 49 Jember - Jawa Timur - Indonesia

Phone & Fax :

(0331) 336728 | 337957

Email :

kantorpusat@unmuhjember.ac.id